Kerjasama Amerika Serikat dan Saudi Arabia dalam Bidang Pertahanan

Kerjasama Amerika Serikat dan Saudi Arabia dalam Bidang Pertahanan

Kerjasama Amerika Serikat dan Saudi Arabia dalam Bidang Pertahanan – Belum lama ini pihak Amerika Serikat telah mengadakan pertemukan dengan Saudi Arab. Mungutip dari berbagai sumber diketahui bahwa kedua negara tersebut membicarakan mengenai perkuatan bidang pertahanan. Seperti yang sudah diketahui bahwa hubungan keduanya memang sudah terjalin sejak lama. Namun, beberapa waktu masyarakat dunia juga dibuat heboh karena kenyataan hubungan yang memanas antar keduanya.

Bukan sesuatu yang mengherankan jika pertemuanyang dilakukan AS-Arab Saudi mengandung pertanyaan tersendiri. Tetapi, kekhawatir semakin melarut saat Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan penjelasan mengenai keputusannya untuk tetap menjalin kerjasama dengan negara mayoritas muslim tersebut. Kedua negara berharap dengan semakin membaikannya hubungan membuat perkembangan baik diberbagai aspek. Pada dasarnya hubungan Arab Saudi dengan Amerika Serikat telah terjalin lama.

Bisa dikatakan bahwa keduanya sering kali terlibat dalam berbagai kerjasama. Misalnya saja, saat Arab Saudi memiliki sumber besar minyak. Amerika melakukan perundingan untuk memasukan tenaga produksi. Lewat keputusan tersebut kedua negara mampu merasakan kesejahteraan lewat produksi minyak yang melimpah. Arab Saudi sendiri memberi jatah 9% minyak mentah untuk di ekspor ke Daratan Amerika. Seiring berjalannya waktu Negeri Paman Sam berusaha untuk melakukan pengelolaan minyak bumi secara mandiri.

Tetapi, hubungan keduanya tetap kuat. Pasalnya, Amerika mengajukan kerjasama dibidang pertahanan. Bukankah bukan rahasia lagi jika akhir-akhir ini hubungan Amerika dengan Negara Timur Tengah lain masih sering memanas? Nah, itu kenapa mereka tetap mempertahankan Arab Saudi. Ada banyak rahasia antar hubungan bilateral. Sedangkan secara bersamaan Arab Saudi mempunyai pandangan tersendiri dengan negara islam lainnya.

Sehingga hubungan kedua negara dengan prinsip keyakinan berbeda tersebut memang mengandung cukup banyak politik. Kerjasama bidang pertahanan diambil sebagai langkah saling memberi penjagaan. Lewat kesepakatan tersebut Amerika Seikat tetap mampu menjual senjata ke Arab Saudi. Berbagai sumber menyebutkan bahwa penjualan terus meningkat hingga 15%. Jika dibandingkan dengan ekspor minyak yang dilakukan Arab Saudi tentu saja presentase yang tak seimbang.

Meski terdapat banyak keganjalan. Arab Saudi dan Amerika Serikat tetap menunjukan niatan baik dalam memperbaiki perekonomian dunia. Sama seperti kerjasama pada umumnya. Dimana satu negara akan memilih negara terbaik yang mampu memberikan proteksi lebih. Hal serupa terlihat jelas dari hubungan keduanya. Sedangkan untuk contoh lainnya ialah bagaimana Indonesia melakukan kerjasama dengan Denmark.
Keputusan mengandeng Denmark karena Tanah Air memperlukan masukan akurat terkait pengelolaan Energi Baru Terbarukan (EBT). Sedangkan pada bidang ekonomi. Indonesia pernah terlibat kerjsama dengan Korea Selatan. Hal tersebut digunakan sebagai bentuk pemaksimalan Sumber Daya Manusia. Pihak Korsel sendiri melakukan pengoptimalan pada bidang pariwisata. Tetapi karena yang dibicarakan tentang kerjasama dunia negara.

Sudah bisa dipastikan aspek yang perlu diperhatikan lebih luas. Setiap perwakilan negara harus menguasai tema pembicaraan. Kondisi ini untuk mengurangi tingkat kesalahpahaman. Sebab, ketika terdapat poin yang tak tersampaikan dengan sempurna. Bisa saja menimbulkan multi tafsir yang mampu menimbulkan konfilik antar dua negara. Pihak yang bersangkutan harus memastikan bahwa kerjasama tetap berjalan dalam bidang tertentu.
Negara yang bersangkutan tidak boleh ikut campur aspek yang tidak masuk ketentuan kerjasama. Selain itu, pastikan dampak dari kerjasama mampu dirasakan oleh masyarakat dalam waktu dekat. Jangan sampai publik tidak merasakan apapun sampai keputusan kerjasama terselesaikan. Bukankah upaya ini dilakukan untuk menambah kesejahteraan umum?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!