Kerjasama US dan Saudi Arabia untuk Menjaga Keamanan Negara

Kerjasama US dan Saudi Arabia untuk Menjaga Keamanan Negara

Kerjasama US dan Saudi Arabia untuk Menjaga Keamanan Negara – Sama halnya dengan manusia yang tidak dapat hidup sendiri, sebuah negara dapat maju dan berkembang dengan bantuan dari negara lainnya. Hal inilah yang mendorong negara untuk melakukan kerjasama dengan negara lainnya. Kerjasama yang dilakukan oleh negara-negara di dunia tidak hanya dapat dilakukan dalam bidang ekonomi saja melainkan juga dapat terjadi pada kerjasama militer. US atau Amerika dan Saudi Arabia menjadi negara yang menjalin kerjasama di bidang militer. Jika kita memperhatikan keberadaan blog yang berisikan informasi akan kerjasama US dan Saudi Arabia, kita akan mendapatkan informasi dari kerjasama militer yang dilakukan oleh kedua negara akhir-akhir ini. Dari informasi yang tertera di dalam blog, kita dapat mengetahui bahwa Amerika mengirimkan ribuan pasukannya ke Saudi Arabia guna menjaga keamanan negara. Hal ini dilakukan karena terjadinya konflik dalam negeri yang dialami oleh Saudi Arabia.

Saudi Arabia yang merupakan negara di kawasan Timur Tengah merupakan negara yang kaya akan minyak bumi. Akhir-akhir ini, banyak kejadian buruk dimana fasilitas minyak bumi mengalami pengrusakan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kerusakan fasilitas minyak bumi yang dialami oleh Saudi Arabia menyebabkan harga minyak dunia meningkat dengan tajam. Kemanan negara Saudi Arabia juga terganggu karena aksi pengrusakan fasilitas minyak bumi. Guna menjaga keamanan negara Saudi Arabia, Amerika memutuskan untuk mengirimkan ribuan personilnya. Aksi yang dilakukan oleh negara Amerika merupakan bentuk kerjasama militer yang telah disepakati oleh Amerika dan Saudi Arabia. Pangeran asal Saudi Arabia bahkan meminta pemerintah Amerika untuk mengirimkan personil tambahan untuk menjaga keamanan negara dari tindakan pengerusakan fasilitas minyak bumi. Tidak hanya bertindak sebagai negara pengirim personil militer, Amerika juga berperan sebagai pendukung Saudi Arabia terhadap Iran. Dari informasi yang tertulis di dalam blog, Iran diduga sebagai tokoh utama dibalik tindakan pengerusakan fasilitas minyak bumi Saudi Arabia.

Pangeran Mohammed bin Salman menjelaskan bahwa jika dunia tidak melakukan tindakan tegas terhadap negara Iran, maka kepentingan dunia nantinya akan terancam. Tuduhan yang dilontarkan oleh Saudi Arabia dan Amerika tentunya dibantah keras oleh Iran. Iran merasa bahwa negaranya tidak memiliki andil dalam peristiwa yang dialami oleh Saudi Arabia. Negara Perancis, Inggris dan Jerman bahkan mengatakan untuk tidak menuduh negara Iran tanpa adanya bukti konkret. Meskipun banyak disanggah oleh negara lain, Amerika tetap mengirimkan pasukannya ke Saudi Arabia. Dengan tujuan untuk menjaga keamanan negara di kawasan Timur Tengah, kerjasama militer antara Amerika dan Saudi Arabia terus berjalan hingga saat ini. Tak mengherankan jika hubungan militer yang terjalin antar negara Amerika dan Saudi Arabia tetap dipertahankan dan mengalami peningkatan setiap waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *