Inilah Akibat Konflik dengan Saudi Arabia bagi Amerika Serikat

Inilah Akibat Konflik dengan Saudi Arabia bagi Amerika Serikat – Hubungan Amerika Serikat dengan Saudi Arabia telah terjalin selama banyak dekade dan berfokus pada keamanan militer dan hubungan dagang. Kerjasama ini terjalin terutama karena ketertarikan Amerika Serikat terhadap cadangan minyak yang dimiliki negara kerajaan di Timur Tengah ini. Meski kerjasama di bidang keuangan dan tenaga kerja terjalin lama, terbunuhnya reporter Washington Post, Jamal Khashoggi ketika bertandang ke kedutaan Arab Saudi di Istanbul menimbulkan kemarahan banyak anggota Kongres Amerika Serikat dan mengusulkan untuk meninjau kembali hubungan dua negara ini serta pemberian hukuman bagi Riyadh. Arab Saudi menjawab hal ini dengan mengancam akan memberikan sanksi lebih berat. Apa saja akibat yang ditanggung AS jika terjadi konflik dengan Saudi Arabia?

1. Pasokan dan Harga Minyak
Berdasarkan data OPEC, Saudi memiliki 18% cadangan minyak dunia sekaligus merupaka eksportir minyak terbesar di dunia. Amerika Serikat sendiri memasok kebutuhan minyak hariannya sebanyak 10.000 barrel minyak mentah dari Arab Saudi. Angka yang tergolong tinggi ini terancam dipangkas oleh Arab Saudi dan berpengaruh terhadap kenaikan harga minyak dunia karena juga berpengaruh terhadap pasokan minyak negara-negara lain.

2. Kontrak Tentara AS
Amerika Serikat memperoleh kesepakatan persenjataan terbesar dalam sejarah negara mereka dari Arab Saudi senilai 110 miliar USD atau sekitar 1667 triliun rupiah. Nilai ini masih mungkin bertambah menjadi 350 miliar USD dalam waktu 10 tahun. Selain persenjataan, Saudi Arabia juga memasok tenaga pertahanan militer mereka sebagian besar dari Amerika Serikat dan ini memberikan keuntungan bagi negara adidaya tersebut. Maka jika pemberian sanksi terhadap Saudi dilakukan, kerjasama militer tersebut terancam batal dan untuk persenjataan negara Arab Saudi akan berpindah pada Cina dan Rusia.

3. Hubungan Dagang dan Investasi
Nilai perdagangan jasa dan barang yang diperoleh Amerika Serikat dari kerjasama dengan Arab Saudi cukup tinggi, yaitu 46 miliar USD dan dari sini AS menikmati keuntungan 5 miliar USD. Kementrian Perdagangan Amerika juga menyatakan kerjasama di bidang perdagangan dan investasi dengan Arab Saudi telah membantu menopang lapangan kerja Amerika sebanyak 150.000 pada tahun 2015.

4. Keamanan Antar Negara Aliansi
Saudi Arabia dianggap berperan sebagai stabilisator negara-negara Timur Tengah dalam memerangi terorisme bagi negara Barat. Hal senada dikatakan oleh Perdana Menteri Inggris yang menyatakan pentingnya menjalin hubungan baik dengan Saudi Arabia, karena bisa menjaga keamanan dalam negeri.

Koalisi antiterorisme yang didirikan Arab juga menjadi kunci keamanan antar negara, terutama AS. Koalisi yang memerangi teror yang mengatasnamakan negara Islam, yakni ISIS ini melakukan pertukaran informasi dan kerjasama intelijen dengan Amerika. Maka hal ini terancam dibatalkan Arab Saudi jika pemberian sanksi oleh AS terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *